Pertemuan 1 – 2101656111 – Kevin Krisna Dwiputra Lusianto

Struct adalah sebuah tipe data yang berfungsi untuk membuat tipe data yang baru, misalnya struct x{ int y, char z}; jadi ada tipe data baru yaitu x, biasanya struct ini digunakan untuk membuat kodingan lebih teratur.
untuk mengakses isi dari struct itu, kita menggunakan yang namanya method, contoh kita membuat variable test dengan tipe data x (x test), untuk meninisialisasi kita menggunakan method, yaitu test.y=1.
maximum dari dimension array tergantung bahasa yang dipakai, untuk java maximum dari dimension arraynya adalah 255.

penggunaan struct paling terlihat ketika menggunakan konsep dari link list, link list dibedakan menjadi beberapa bagian, ada single link list, double link list, dan juga ada tree.
pada link list ada 2 tipe, yaitu lifo atau last in first out, dan juga fifo atau first in first out. untuk lifo dan fifo, pengandaian simplenya untuk 2 ini adalah lifo adalah cucian piring, dan untuk fifo adalah antrian atm, ketika piring masuk dia akan ke paling atas, dan ketika ingin dipakai akan diambil paling atas, jadi dia adalah lifo, dan untuk fifo, siapa yang datang duluan maka akan bisa menggunakan atm, jika ada yang datang terakhir maka dia akan bisa gunakan paling terakhir.

Na, apa yang membedakan Array dan Link list ada pada sifatnya, Array bersifat statis, jadi ketika dipesan 10 maka dia akan tetap 10, namun Link list bersifat dinamis, dia dapat bertambah dan berkurang tergantung penggunaannya.

perbedaan antara Single Link List dan Double Link List adalah arah dari link list tersebut, Single link list hanya mengenal satu arah, namun untuk double link list memiliki 2 arah, jadi untuk pengandaiannya, untuk single link list, itu seperti orang hanya meletakkan salah satu tangannya ke pundak yang sebelahnya, jadi dia hanya memiliki 1 akses, yaitu hanya bisa maju,misalnya a ke b, tapi b tidak bisa ke a. untuk double link list itu seperti orang bergandengan tangan, jadi dia memiliki 2 akses, yaitu mundur dan maju,jadi a bisa ke b, dan b bisa ke a.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *